19 November 2015

Contoh Proposal Pengajuan PKL Lembaga Keuangan Perbankan Syariah



PROPOSAL PENGAJUAN PRAKTIK OPERASIONAL
LEMBAGA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH

I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
            Dewasa ini, perkembangan dunia perbankan semakin pesat dan moderen, perbankan semakin mendominasi perkembangan ekonomi dan bisnis suatu negara. Bahkan aktivitas dan keberadaan perbankan sangat menentukan kemajuan suatu negara. Bank dikenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya menerima simpanan dari masyarakat. Kemudian bank juga dikenal sebagai tempat untuk meminjam uang bagi masyarakat yang membutuhkannya. Dalam menjalankan dua tugas utama tersebut, bank harus didukung oleh sumber daya manusia yang profesional, berintegritas, berakhlak mulia dan memiliki kualitas yang baik.
            Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang sebagai lembaga perguruan tinggi siap mencetak sumber daya manusia yang profesional, berintegritas, inovatif, kreatif, disiplin dan didukung dengan akhlak islami sebagai landasan bertindak dalam mengemban tanggung jawab di dalam dunia kerja.
            Melalui Program Studi Diploma III Perbankan Syariah, UIN Raden Fatah Palembang menerapkan sistem teori dan praktik mengenai perbankan, khususnya perbankan syariah. Demi menunjang teori dan praktik yang telah diajarkan di bangku kuliah, maka dibutuhkan kegiatan kuliah yang bersifat aplikatif di masyarakat, maka dari itu mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti mata kuliah Praktik Operasional Lembaga Keuangan Perbankan Syariah dengan bobot perkuliahan 3 sks.
            Selama melaksanakan praktik operasional perbankan syariah, mahasiswa nantinya diharapkan dapat menyelesaikan pekerjaan operasional perbankan dengan kemampuan dan pengetahuan yang telah didapat di bangku kuliah dan dalam melakukan tugas pekerjaan operasional juga berlandaskan  integritas dan akhlak mulia sebagai seorang mahasiswa magang. Dimana Praktik Operasional Lembaga Keuangan Perbankan Syariah direncanakan oleh pihak prodi D3  Perbankan Syariah akan berlangsung selama 1 bulan penuh.
            Oleh karena itu, demi melaksanakan mata kuliah Praktik Operasional Lembaga Keuangan Perbankan Syariah, maka kami mengharapkan dukungan semua pihak terutama pada PT. Bank Syari’ah Mandiri cabang Lahat.

1.2. Tujuan dan Manfaat
1.2.1. Tujuan
Adapun tujuan dari Praktek Operasional Lembaga Keuangan Bank ini adalah:
1.      Memenuhi persyaratan mata kuliah Jurusan Perbankan Syariah UIN Raden Fatah Palembang
2.      Memahami seluk beluk administrasi dan manajemen lembaga keuangan syariah bank
3.      Melihat langsung sistem administrasi dan manajemen di lokasi praktik
4.      Mencatat hal-hal yang dianggap penting
5.      Memahami bentuk-bentuk jasa produk dan mekanismenya
6.      Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilki
7.      Menganalisa antara teori, ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dengan penerapannya di perbankan syariah
8.      Membentuk karakter praktisi perbankan yang berintegritas dan berakhlak mulia demi mewujudkan ekonomi syariah di setiap lapisan masyarakat
9.      Memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i jurusan Perbankan Syariah UIN Raden Fatah untuk terjun secara langsung dan merasakan tantangan di dalam dunia kerja perbakan syariah saat ini.

1.2.2. Manfaat
Adapun manfaat dari praktik operasional lembaga keuangan bank ini adalah:
1.      Bagi Mahasiswa
a)      Mengetahui dan memahami sistem operasional, keuangan dan manajemen perbankan syariah
b)      Mengetahui dan memahami akad-akad yang digunakan dalam perbankan syariah
c)      Mengetahui hubungan antara teori yang dipelajari dengan pengaplikasian di perbankan syariah
2.      Bagi Jurusan
a)      Sebagai masukan dan tolak ukur untuk mengevaluasi sejauh mana kurikulum yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan industri perbankan saat ini.
b)      Sebagai masukan untuk menyempurnakan kurikulum dan menambah bahan ajar di masa yang akan datang.
3.      Bagi Perbankan
a)      Sebagai sarana untuk menjalin kerja sama antara perbankan syariah dengan UIN Raden Fatah Palembang
b)      Membantu strategi pemasaran dalam mensosialisasikan produk perbankan syariah
c)      Sebagai sarana evaluasi terhadap kinerja dan operasional perbankan syariah

1.3. Ruang Lingkup
            Berdasarkan tujuan Praktik Operasional Lembaga Keuangan Perbankan Syariah, yaitu mahasiswa dapat memahami seluk beluk administrasi dan manajemen lembaga keuangan bank syariah. Seperti yang telah diketahui bahwa PT. Bank Syari’ah Mandiri Lahat telah melaksanakan semua sistem perbankan syariah tersebut. Baik sistem itu di kegiatan fundingfinancing maupun servicing. Maka dari itu, kami berharap bisa diperkenankan dapat melaksakan Praktikum magang II di PT. Bank Srari’ah Mandiri Lahat ditempatkan di bagian yang dapat membantu memberikan nilai tambah untuk studi dan keahlian kami.



  
II. KEGIATAN KERJA PRAKTIK

2.1. Bentuk Kegiatan
            Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Praktik Operasional Lembaga Keuangan Perbankan Syariah, dimana mahasiswa akan menyusun dan melaksanakan kegiatan kerja praktik yang akan diarahkan dan dikoordinir oleh pembimbing dari PT. Bank Muamalat Lahat. Selanjutnya di akhir praktik mahasiswa akan melakukan kegiatan laporan yang membutuhkan data terkait perbankan, kegiatan mengumpulkan data tersebut akan dilaksanakan ketika mendapat izin dan persetujuan dari pihak PT. Bank Syari’ah Mandiri Lahat.

2.2. Tempat Kegiatan
            Tempat kegiatan Praktik Operasional Lembaga Keuangan Perbankan Syariah akan dilaksanakan di PT. Bank Syari’ah Mandiri  Lahat.

2.3. Jadwal/Waktu Pelaksanaan Kegiatan
            Kegiatan Praktik Operasional Lembaga Keuangan Perbankan Syariah di PT. Bank Syari’ah Mandiri Lahat akan dilaksanakan selama 1 (satu) bulan, dimulai dari tanggal 2 agustus 2015 dimana waktunya disesuaikan dengan jam kerja Bank Syariah Mandiri.

2.4. Peserta Kegiatan
            Adapun data mahasiswa yang akan melakukan Praktik Operasional Lembaga Keuangan Perbankan Syariah. Terlampir.




III. PENUTUP
            Demikian proposal ini kami sampaikan agar pada proses selanjutnya dapat berguna sebagai langkah dalam pelaksanaan kegiatan Praktik Operasional Lembaga Keuangan Bank UIN Raden Fatah Palembang. Kami berharap PT. Bank Syari’ah Mandiri Lahat dapat menyetujui dan menerima praktik operasional perbankan syariah ini. Karena itu kami siap dan bersedia datang ke PT. Bank Syari’ah Mandiri Lahat demi memantapkan rencana praktik operasional perbankan syariah selanjutnya, setelah adanya persetujuan proposal ini.
            Atas perhatian dan kesediaan PT. Bank Syari’ah Mandiri Lahat yang menyetujui permohonan Praktik Operasional Lembaga Keuangan Perbankan Syariah Jurusan D3 Perbankan Syariah UIN Raden Fatah Palembang, kami mengucapkan terima kasih..







No comments: